Yuk Perbaiki Kualitas Udara Apartemen Dengan Tanaman Ini!

Yuk Perbaiki Kualitas Udara Apartemen Dengan Tanaman Ini!

Satu masalah utama yang sering dikeluhkan oleh pemilik apartemen yaitu kualitas udara yang buruk. Ada banyak efek tak sehat yang ditimbulkan dari keadaan ini, dan semua mengarah pada kesehatan penghuni apartemen. Anak kecil yang paling rentan terkena resiko. Selain bisa berakibat pada sesak nafas, kualitas udara yang buruk bisa menimbulkan stress. Sesuatu yang paling ditakuti oleh orang dewasa.

Tidak adanya ventilasi untuk sirkulasi udara turut berpengaruh pada memburuknya kualitas udara dalam apartemen. Penerapan air conditioner memang membantu, tapi akan berakibat pada naiknya tagihan listrik bulanan. Untuk menciptakan kualitas udara yang baik dalam apartemen sebenarnya mudah saja dilakukan. Beberapa tanaman berikut bisa membantu memperbaiki kualitas udara di apartemen.

  1. Palem bambu

Tak harus sampai membuat taman mini dalam apartemen, cukup dengan pot berisi tanaman palem bambu. Meski terlihat seperti bambu, tanaman ini sebenarnya masih satu keluarga dengan tanaman palem lain. Tanaman ini terbilang mudah hidup dalam hidup dalam pot. Palem bambu bisa menyerap zat kimia seperti benzene, formaldehida, trichloroethylene, dll.

  1. Peace lily

Diantara spesies terbaik bunga lily untuk menjernihkan udara apartemen yaitu peace lily. Selain bisa dimanfaatkan membersihkan udara, peace lily juga memiliki warna yang cantik. Bunga jenis ini cocok ditanam dalam pot ataupun vertical garden dalam apartemen. Khasiat peace lily bisa menyerap polutan dan racun juga senyawa lain seperti toluene, xilena, benzene, dll.

  1. Bunga krisan

Tiap ibu rumah tangga pasti tak akan menolak untuk memelihara bunga krisan. Warnanya yang cantik juga menjadi daya tarik tersendiri kenapa bunga krisan banyak digunakan. Bunga krisan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas udara melalui baunya yang semerbak. Bunga krisan bisa tumbuh hingga ketinggian 90 cm.

  1. Sirih gading

Nama lain dari sirih gading yaitu golden pothos. Aslinya, sirih gading merupakan tanaman dari Australia. Ciri khas dari tanaman sirih gading yaitu tumbuh merambat. Sirih gading sangat tepat diaplikasikan pada apartemen yang memiliki ventilasi udara buruk. Tanaman sirih gading akan berguna menghilangkan racun di ruangan sempit.

  1. Spider plant

Meski sudah banyak dibudidaya di Indonesia, spider plant asli dari afrika. Dengan tinggi maksimal hanya 60 cm, spider plant sangat pas diterapkan di apartemen minimalis karena tak akan makan tempat. Kualitas udara apartemen bisa diperbaiki spider plant dengan cara menyerap senyawa jahat seperti xilena, benzene, karbon, dan lainnya.

  1. Lidah buaya

Nama lain dari lidah buaya yaitu aloe vera. Lidah buaya ini sudah dikenal luas manfaatnya untuk kecantikan kulit. Selain untuk perawatan tubuh, lidah buaya juga menyimpan manfaat lain terkait lingkungan. Lidah buaya ternyata punya efek ampuh membersihkan udara apartemen dengan menyerap berbagai zat polutan.

Artikel menarik ini disajikan oleh Serpong Greenview, sewa apartemen di kawasan Serpong, Tangerang Selatan.